Monday, May 20, 2013

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

Bawang putih (allium sativum, Linn) termasuk genus afflum yang di Indonesia lazim disebut bawang putih. Bawang putih termasuk klasifikasi tumbuhan  berumbi lapis atau siung bersusun. Bawang putih biasa digunakan sebagai bumbu dari setiap masakan masyarakat Indonesia termasuk keluarga ku. Hampir setiap memasak kami menggunakan bawang putih sebagai bumbu, baik itu untuk menumis, masak sop, bikin sambal dll. Selain sebagai bumbu masakan ternyata bawang putih ini mempunyai manfaat yang banyak bagi kesehatan kita loh diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Untuk Mengobati Sakit Kepala, caranya : Umbi bawang putih ditumbuk halus kemudian digunakan untuk mengompres dahi.
  2. Untuk Mengobati Asma, Batuk dan Masuk AnginBahan : 3 siung bawang putih, 1 sendok makan madu dan gula batu secukupnya.Cara membuat : Bawang putih ditumbuk halus, kemudian dicampur dengan madu dan gula batu sampai bener-bener tercampur, kemudian diperas atau disaring ambil airnya.Cara menggunakan : Minum ramuan tersebut setiap pagi sampai sembuh.
  3. Untuk Mengatasi Susah Tidur (insomnia), caranya : Ambil 2 siung bawang putih, kemudian kupas  dan cuci sampai bersih. Setelah dicuci silahkan langsung dimakan 2 siung bawang putih tadi sebelum tidur.
  4. Untuk Mengobati Sengatan Serangga, caranya : Ambil 3 siung bawang putih dan garam secukupnya, kemudian tumbuk sampai halus. Cara menggunakannya : cukup oleskan pada bagian tubuh yang terkena sengatan.
  5. Untuk Mengobati Jerawat, caranya : Ambil 2 siung bawang putih kemudian tumbuk sampai halus, setelah itu oleskan tumbukan bawang putih tadi pada bagian kulit wajah yang berjerawat dan biarkan sekitar 10 menit, setelah itu bersihkan kulit wajah dengan air hangat.
  6. Untuk Mengobati Hipertensi, caranya : Siapkan 3 siung bawang putih, kemudian dipanggang dengan api, kemudian dimakan setiap pagi.
  7. Untuk Mengeluarkan Serpihan Kaca, Duri atau Kayu, caranya : Siapkan 2 siung bawang putih, kemudian tumbuk sampai halus. Kemudian tempelkan ramuan bawang putih tadi pada bagian yang terkena serphan kaca, duri atau kayu. 
Itulah beberapa manfaat dari bawang putih untuk kesehatan kita.

Sumber : Muhammad Noor & Utama W. Putra, 2010 Pemanfaatan Tanaman Tradisional & Herbal, CV. Advindo Buana Karya




No comments:

Post a Comment

Bunga Hidup Bahagia

Bangun di saat fajar untuk beristigfar.  Menyendiri untuk ber- tafakur. Menjalin hubungan dengan orang-orang yang salih. Berdzikir.