Tuesday, June 11, 2013

Layar Monitor Komputernya Kok Nggak Ada Tampilan Sama Sekali???

               Pagi-pagi mau nyalain komputer malah gak mau loading, layar monitornya gelap ga ada tampilan sama sekali. Waduh gimana ini ga mau nyala-nyala komputernya, daripada pusing aq telpon mas hendra  ngasih tahu kalo komputernya nyala tapi layar monitornya ga ada tampilan menu sama sekali. Sama beliau aku disuruh bersihin RAM nya kalau memang tetep ngga bisa nanti beliau yang akan ngecek. Aq aja lupa-lupa inget yang namanya RAM tu yang mana, agak sedikit ragu-ragu aq beranikan diri untuk bongkar PC nya karena takut kesetrum aku matiin dulu power listriknya hehehe. Adapun langkah-langkah yang q lakukan adalah sbb ;
  1. Membuka Casing PC.
  2. Melepas RAM dari Slotnya.
  3. Membersihkan Pin-nya dengan menggunakan Karet Penghapus.
  4. Setelah dibersihkan pasang kembali RAM pada Slotnya.
  5. Tutup casing PC dan coba nyalakan.
            Akhirnya setelah melewati lima langkah diatas  komputernya dah bisa kembali beroperasi  layar monitornya dah ga gelap lagi dweh.....legaaa banggetttt rasanya :-)

Sebenarnya apa sih RAM itu???
               RAM merupakan singkatan dari Random Acces Memory yang biasa juga disebut sebagai Memori. RAM ini termasuk perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara. Dalam wikipedia.org RAM ( Random Acces Memory ) adalah sebuah tipe penyimpanan komputer  yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Fungsi dari  RAM sendiri adalah sebagai pendukung serta pelayan untuk prosesor saat melakukan sistem komputing. Sebagai contoh ketika temen-temen membuka blog ini RAM komputer temen-temen sedang di isi  dengan data yang memaparkan tentang isi dari blog ini, namun paparan isi tentang blog ini akan hilang apabila komputer temen-temen dimatikan atau temen-temen pindah ke blog lain.


Ini loh ternyata  yang namanya RAM

Sumber : 
  1. Mas Hendra (Guru SMA N 2 Sukoharjo)
  2. id.wikipedia.org

         

No comments:

Post a Comment

Bunga Hidup Bahagia

Bangun di saat fajar untuk beristigfar.  Menyendiri untuk ber- tafakur. Menjalin hubungan dengan orang-orang yang salih. Berdzikir.